Refleksi Hari Pendidikan Nasional

Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan negara ini, seperti  yang tercantum pada pembukaan UUD 1945.  Hal ini juga ditegaskan dalam pasal 31 ayat  (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Ayat (2) menegaskan bahwa setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dan pemerintah wajib membiayai. Ayat (3) menetapkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

Pendidikan merupakan jalan untuk mencerdaskan bangsa ini,namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenyam pendidikan formal sebagaimana layaknya. Menurut unicef pada tahun 2016 masih ada sekitar 2,5 juta jiwa anak yang tidak besekolah. Tinggginya anak yang tidak bersekolah ini jelas tidak sesuai dengan tujuan UUD diatas, bagaimana bangsa ini akan cerdas jika masih banyak anak yang tidak bersekolah.

hal ini masih ditambah lagi dengan kuliatas pendidikan di Indonesia yang masih rendah dan biaya pendidikan yang relatif tinggi sehingga banyak dari mereka yang putus sekolah karna ekonomi mereka yang masih lemah. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia disebabkan oleh rendahnya sarana fisik dari gedung yang tak layak pakai, guru yang mengajar tidak sesuai dengan spesialisasi gelar pendidikannya, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan yang ada di Indonesia, dan mahalnya biaya pendidikan.

Lembaga pendidikan yang ada diindonesia seperi halnya sebuah kerucut, dimana rata-rata pendidikan sekolah dasar yang banyak disetiap wilayah biasanya tersedia lebih dari dua. tapi meningkat kejenjang smp hanya tedapat 1 setiap wilayah , SMA hanya terdapat 1 atau 2 disetiap kecamatan dan perguruan tinggi hanya terdapat 1 atau 2 disetiap kabupaten atau kota. Hal ini mengakibat kan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi sangat tipis karena saingan mereka untuk melanjutkan pendidikan sangat banyak.

Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting untuk kemakmuran dan kemajuan sebuah negara. Karena semakin tinggi tingkat pendidikan yang dieyam oleh masyarakat semakin tinggi kualitas sdm nya. Karena hal ini Seharusnya pemerintah lebih giat lagi memperbaiki sistem pendidikan diindonesia, Memperbaiki kualitas pendidikan dan menyeimbangkan banyaknya antar tingkat lembaga pendidikan agar semua lapisan masyarakat mendapatkan pendidikan yang sesuai dan selayak nya didalam moment hari pendidikan nasional ini mari kita jadikan sebuah refleksi kondisi pendidikan di negara ini, masih banyak masalah yang harus dibenahi dan keyakinan bahwa masih ada waktu untuk melakukan itu, majunya suatu bangsa diawali oleh majunya pendidikan yaitu pendidikan yang benar-benar sebagai hak bagi setiap warga negara.

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply