KemenPW Bersama Tim PATBM Adakan Sosialisasi

Bandarlampung, 20 September 2016. Kementerian Pemberdayaan Wanita BEM U KBM Unila bersama tim PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) Lampung mengadakan sosialisasi. Sosialisasi diberikan kepada kader PKK se-kecamatan. Kecamatan yang menjadi objek sosialisasi yaitu Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Sosialisasi yang dilakukan mengambil tema tentang “Cara Mengenali Kejahatan Seksual di Lingkungan Kita dan Cara Mencegahnya”. Pada kesempatan kali ini sosialisasi disampaikan oleh Kak Toni Fisher. Dalam sosialisasinya beliau menyampaikan bahwa kasus-kasus kejahatan seksual sangat mungkin terjadi di lingkungan dekat kita termasuk keluarga kita sendiri. Pelaku kejahatan seksual bahkan berasal dari orang-orang terdekat kita. Orang-orang terdekat tersebut seperti kakek, ayah, kakak laki-laki, paman, dan lain sebagainya. Korban kejahatan seksual tidak hanya terjadi terhadap anak perempuan, namun anak laki-laki pun tidak luput dari kejahatan seksual. Karena itu kita harus mengenali kejahatan seksual dan cara mencegahnya.

Cara mengenali kejahatan seksual yaitu dengan selalu waspada meskipun kepada orang-orang terdekat kita. Waspada ketika anak kita merasakan sakit ketika buang air kecil atau mandi. Waspada ketika ada perubahan perilaku pada anak, seperti murung atau lebih pendiam.

Cara mencegah terjadinya kejahatan seksual pada anak yaitu dengan mengenalkan anak tentang empat organ tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain. Empat organ tersebut antara lain mulut, payudara, alat kemaluan, dan pantat. Itulah yang harus diperhatikan dalam upaya pencegahan kejahatan seksual pada anak.

#PerempuanPunyaPeran
#PerempuanHebat
#KemenPW

#KolaborasiHebat

#AkuCintaUnila

#InformativeInsightful

Be the first to comment

Leave a Reply