Wadahi Aspirasi Perempuan Unila, BEM Unila Deklarasikan Barisan Srikandi Lampung

Kiprah kaum perempuan dalam pembangunan sangatlah diperlukan. Selain argumentasi normatif, yang memperlihatkan bahwa kaum perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama, terdapat suatu kenyataan bahwa “beban” yang kini dihadapi oleh kaum perempuan amatlah berat.

Sebut saja kasus-kasus seperti angka kematian ibu melahirkan atau masalah akses terhadap layanan kesehatan yang kurang baik, masalah kejahatan seksual, angka buta huruf atau keterbelakangan dalam pendidikan, masalah kejahatan sosial, sampai dengan masalah kekerasan yang kerapkali menimpa kaum perempuan, baik kekerasan dalam rumah tangga ataupun kekerasan lain di luar rumah.

Kaum perempuan hendaknya mengambil peran strategis dalam proses pembangunan, sebagaimana yang dipaparkan oleh Bung Karno, bahwa kaum perempuan harus memastikan arah gerak negara, sehingga kaum perempuan mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia yang mulia.

Atas dasar itulah BEM U KBM Unila melalui Kementrian Pemberdayaan Wanita mengadakan Diskusi Barisan Srikandi Lampung dengan tema, “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Bangsa” pada Sabtu (06/05). Acara ini berlokasi di Gedung Rektorat Lantai 4 Unila. Adapun tujuan diadakan acara ini adalah pergerakan dalam ranah pengentasan masalah-masalah wanita khususnya di Lampung.

Acara ini dihadiri oleh 90 mahasiswi, beberapa mahasiswa dari Lembaga Kemahasiswaan di Unila, dan pengurus dari LPA Bandar Lampung, juga LPA Pesawaran. Selain narasumber yang juga dari LPA Lampung (Dr. Can Nurul Hidayah, S.H., M.H) juga menghadirkan narasumber dari dosen FKIP BK Unila, yakni Citra Abriyani, S.Pd., M.Pd., Kons.

Setelah sesi diskusi, semua peserta diskusi menyepakati bahwa perlunya forum yang mengakomodir pergerakan dan penuntasan masalah-masalah terkait wanita, maka diakhir acara, semua peserta diskusi setuju untuk mendeklarasikan untuk bergabung dalam barisan srikandi lampung. Deklarasi ini secara simbolik ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Barisan Srikandi Lampung. Selain itu, ada juga launching Official Line Hallo_minan dengan alamat @jay4604k. Hallo_minan sendiri merupakan akun untuk melayani konseling seputar permasalahan wanita.

[Rilis oleh Kominfo BEM Unila]

Be the first to comment

Leave a Reply